Temulawak

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (family Zingiberaceae). Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia dan juga Malaysia. Di Indonesia, tanaman asli tumbuh di Jawa, Bali dan Maluku. Saat ini, sebagian besar budidaya temulawak berada di Jawa (Indonesia), Malaysia, Thailand, Filipina dan beberapa di India.

Curcuma xanthorrhiza Roxb., di daerah Jawa disebut sebagai temu lawak (Jawa), koneng gede (Sunda), sedangkan di Madura, disebut sebagai temo labak. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 5 m hingga 1500 m di atas permukaan laut dan tumbuh liar di bawah naungan di hutan jati, di tanah yang kering dan di padang alang-alang, ditanam atau tumbuh liar di tegalan. Untuk memperoleh hasil yang baik, perlu ditanam di tanah yang subur dan baik tata pengairannya.

Umumnya, bagian yang digunakan dari tanaman ini ialah rimpangnya, karena mengandung beberapa senyawa kimia, antara lain : minyak atsiri (ar-kurkumen, xanthorrhizol, beta-kurkumen dan germakren, dan kurkuminoid (kurkumin dan desmetoksikurkumin). Kurkumin diketahui sebagai antioksidan dan juga bermanfaat dalam melindungi hati dari racun (antihepatotoksik).

Klasifikasi dan Morfologi Temulawak

Klasifikasi Ilmiah

Division (Division) : Angiospermae/Magnoliophyta
Kelas (Class) : Monocotyledonae/Liliopsida
Bangsa/Ordo (Order) : Zingiberales
Suku (Family) : Zingiberaceae
Marga (Genus) : Curcuma
Jenis (Species) : Curcuma xanthorrhiza Roxb

Morfologi

Temulawak merupakan tanaman terna berbatang semu setinggi kurang lebih 2 m, berwarna hijau atau coklat gelap. Akar rimpang terbentuk dengan sempurna dan bercabang kuat, berwarna hijau gelap. Rimpang memiliki ukuran besar dan tumbuh bercabang-cabang yang terdiri dari rimpang induk dan rimpang cabang. Rimpang induk memiliki bentuk bulat hingga bulat telur. Rimpang cabang tumbuh di sekitar rimpang induk dengan jumlah 3-4 rimpang memanjang. Kulit rimpang berwarna kuning tua hingga coklat kemerahan, warna daging rimpang jingga atau jingga kemerahan.

Daun tumbuh pada sekitar batang dengan jumlah 2-9 helai dengan bentuk bundar memanjang sampai bangun lanset, warna daun hijau atau coklat keunguan terang sampai gelap, panjang daun 31-84 cm, lebar 10-18 cm dan panjang tangkai daun termasuk helaian 43-80 cm. Perbungaan lateral, tangkai ramping dan sisik berbentuk garis. Bentuk bulir bulat memanjang, panjang 9-23 cm, lebar 4-6 cm, berdaun pelindung banyak yang panjangnya melebihi atau sebanding dengan mahkota bunga. Kelopak bunga berwarna putih berbulu, panjang 8-13 mm, mahkota bunga berbentuk tabung dengan panjang keseluruhan 4,5 cm, helaian bunga berbentuk bundar telur atau bundar memanjang, berwarna putih dengan ujung yang berwarna merah dadu atau merah, panjang 1,25-2 cm dan lebar 1 cm.

Kandugan Kimia Temulawak

Minyak atsiri (3-12%) : komponen utama adalah ar-kurkumen, xanthorrhizol, beta-kurkumen, germakren, furanodien, furanodienon, ar-turmeron, β-atlanton, d-kamfor. Kurkuminoid (0,8-2%) : terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin. Pati (30-40%). Temulawak juga dilaporkan mengandung flavonoid : katekin, epikatekin, kuersetin, myrsetin, kampferol, apigenin, luteolin, dan naringenin.

Memelihara Kesehatan Hati

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) sejak turun temurun di Indonesia dikenal manfaatnya untuk kesehatan organ hati. Pada temulawak, terkandung zat berguna bagi tubuh seperti kurkumin yang memiliki khasiat alami sebagai antiinflamasi (antiradang) dan antihepatotoksik, yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati (liver). Temulawak tergolong aman dibandingkan obat kimia karena tidak menimbulkan efek samping yang berarti, secara uji klinis aman bagi manusia, dimana fungsi hati dapat terjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi temulawak. Temulawak sangat baik untuk menjaga ataupun memelihara kesehatan hati, ini karena temulawak dapat sebagai kolagoga. Kolagoga inilah yang membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu.

Mengurangi Radang Sendi

Temulawak memiliki daya antiinflamasi yang dapat mengurangi radang sendi pada tubuh. Kurkumin ini nantinya akan menghambat pembentukan dan transportasi mediator radang yang disebut prostaglandin (PGE2).

Temulawak dapat digunakan sebagai obat alami pereda radang sendi. Menurut studi, pasien yang mengkonsumsi kurkumin menunjukkan berkurangnya rasa sakit akibat radang sendi atau arthritis tanpa efek samping yang berarti.

Menjaga Fungsi Lambung

Manfaat temulawak yang lain adalah melancarkan proses pencernaan. Kandungan zat dalam temulawak diketahui mampu merangsang produksi empedu yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Tak ayal, temulawak mampu membantu penderita yang mengalami berbagai gangguan pencernaan, termasuk kembung, gas dan dispepsia.

Menurunkan Lemak Darah

Fraksi kurkuminoid atau ekstrak temulawak memiliki khasiat kesehatan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total. Khasiat temulawak menurunkan kolesterol atau lemak darah tentu saja juga berdampak baik untuk kesehatan jantung serta sistem kardiovaskuler dalam tubuh. Di samping itu ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoidnya dalam menurunkan kolesterol jahat, trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Kolagoga

Kolagoga adalah zat yang berfungsi sebagai peluruh atau penghancur batu empedu. Batu empedu merupakan penyakit yang terjadi di saluran atau kandung empedu. Faktor pencetusnya meliputi hiperkolesterolemia dan kadar bilirubin yang tinggi. Zat ini juga berfungsi merangsang aliran cairan empedu ke duodenum serta merangsang pengosongan kantung empedu.

Glikosida

Merupakan zat kompleks yang mengandung gula dan non-gula yang ditemukan pada beberapa tumbuhan, glikosida bagi manusia berfungsi sebagai sarana pengobatan dalam arti luas yang beberapa diantaranya adalah sebagai obat jantung, pencahar, pengiritasi lokal, analgetikum dan penurunan tegangan permukaan.

Xanthorrhizol

Merupakan komponen minyak atsiri utama dan menjadi komponen spesifik yang hanya ditemui pada minyak atsiri temulawak serta tidak ditemui dari golongan Curcuma lain. Xanthorrhizol berfungsi sebagai antifungi, antibakteri, antioksidan dan antiinflamasi. Xanthorrhizol dalam temulawak juga mampu membasmi bakteri patogen penyebab karang gigi.

Minyak Atsiri

Minyak atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak esensial (essential oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah cairan minyak pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri temulawak mengandung ar-kurkumen, xanthorrhizol, beta-kurkumen, germakren, furanodien, furanodienon, ar-turmeron, β-atlanton, d-kamfor. Minyak atsiri dapat difungsikan sebagai penekan pembengkakan jaringan dan meningkatkan produksi getah empedu. Minyak atsiri juga bisa membunuh mikroba.

Flavonoid

Flavonoid adalah sejenis senyawa fenolik, terdiri dari kerangka flavon 15 atom karbon heterosiklik dengan variasi jumlah fenolik, metoksi dan subtitusi lain, yang sebagian besar dapat dijumpai dalam kandungan tumbuhan. Flavonoid di dalam tubuh manusia berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghambat proses penuaan serta mencegah berkembangnya sel kanker.

Kurkumin

Kurkumin merupakan salah satu senyawa yang diisolasi dari tanaman Curcuma sp dan pemberi warna kuning pada tanaman. Temulawak memiliki kandungan kurkumin sebagai agen antiinflamasi yang dapat mengurangi radang sendi pada tubuh Anda. Kandungan kurkumin pada temulawak juga dapat menghambat pembentukan penggumpalan platelet darah, yang dimediasi melalui faktor pengaktivasi platelet (platelet activating factor, PAF), asam arakhidonat (arachidonic acid, AA), tromboksan A2 (thromboxane A2, TXA2) dan pensinyalan Ca2+yang bisa menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung.

Pekerja

Sari Temulawak sangat cocok untuk kamu yang selalu sibuk dengan pekerjaan, sering lembur, kurang istirahat serta kurang mengkonsumsi makanan/minuman sehat, karena Sari Temulawak bermanfaat menjaga fungsi ginjal, hati dan juga kadar kolesterol kamu.

Olahragawan

Sari Temulawak sangat cocok untuk kamu yang aktif berolahraga baik ringan maupun berat. Pada Sari Temulawak, kurkumin berguna sebagai antioksidan yang mempunyai kemampuan dalam menangkal radikal bebas oksigen, seperti anion superoksida, serta menepis radikal hidroksil yang membantu memelihara kondisi kesehatan tubuh. Zat ini juga bersifat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi radang sendi.

Cocok Untuk Semua

Sari Temulawak Herbadrink dibuat dari resep minuman tradisional, serta diproduksi tanpa pengawet. Sari temulawak sejak dulu dikenal bermanfaat untuk memelihara fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi pencernaan. Di beberapa penelitian juga disebutkan manfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

 

Sari Temulawak Herbadrink dibuat dari resep minuman tradisional, serta diproduksi tanpa pengawet. Sari temulawak sejak dulu dikenal bermanfaat untuk memelihara fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi pencernaan. Di beberapa penelitian juga disebutkan manfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Dikemas secara praktis dan higienis, tinggal diseduh, bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Sari Temulawak Herbadrink Sugar Free diracik tanpa mengurangi rasa kenikmatan minuman herbal dari alam, kualitas dan rasa manisnya yang pas terjaga dengan baik serta tepat untuk menjadi minuman herba-break Anda setiap hari.

Sari Temulawak Herbadrink Sugar Free dibuat dari resep minuman tradisional, serta diproduksi tanpa pengawet. Sari Temulawak Herbadrink Sugar Free mengandung pemanis buatan Sukralosa, yakni pemanis buatan tanpa kalori. Selain itu, Sukralosa tidak memiltiki efek pada metabolisme karbohidrat, kontrol glukosa darah jangka pendek maupun panjang, ataupun pelepasan insulin. Sukralosa diperbolehkan penggunaannya pada makanan dan minuman di hampir 80 negara termasuk Indonesia dan telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga Sari Temulawak Herbadrink Sugar Free aman dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Sari temulawak sejak dulu dikenal bermanfaat untuk memelihara fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi pencernaan. Di beberapa penelitian juga disebutkan manfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Dikemas secara praktis dan higienis, tinggal diseduh, bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Sari Temulawak Herbadrink Sugar Free diracik tanpa mengurangi rasa kenikmatan minuman herbal dari alam, kualitas dan rasa manisnya yang pas terjaga dengan baik serta tepat untuk menjadi minuman herba-break Anda setiap hari.

 

Intip Rahasia Cantik Alami dengan Temulawak

Herbalovers, siapa yang gak kenal dengan Temulawak? Yup, tumbuhan herbal asli Indonesia ini sangat kaya akan manfaat untuk tubuh kita lho.

Muda, Sehat & Tetap Bugar dengan Temulawak

Sejak dahulu Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya akan rempah dan tanaman herbal.

Lawan Hepatitis dengan Temulawak

Herbalovers, Temulawak sejak turun temurun Temulawak dikenal sebagai bahan jamu yang ampuh mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit terutama man

Temulawak, untuk Kulit Wajah yang Sehat Alami

Memiliki permasalahan pada bagian wajah memang sangat menggangu. Seperti halnya Jerawat atau keriput diwajah tentu sangat menggangu ya Herbalovers

Rahasia Bugar Presiden Jokowi, “Minum Temulawak setiap Pagi!”

Boleh dibilang ketenaran Temulawak di Indonesia sudah cukup tinggi nih Herbalovers.

Bersulang dengan Temulawak

Herbalovers, sekarang kalau mau bersulang gak perlu lagi pake wine atau sampanye nih.